Sudinkes Jakpus Bakal Buat Rapor Sehat ASN

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Berlian Sigit

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pengkajian dari gaya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mungkin banyak memakan makanan cepat saji serta adanya penyakit tidak menular seperti, stroke, hipertensi, dan diabetes melitus (DM) kini bisa diderita oleh usia produktif (20-40 tahun keatas). 

Kondisi tersebut membuat Dinas Kesehatan melalui Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat akan membuat Rapor Sehat ASN. 

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari menjelaskan, rapor tersebut akan dimulai dengan skrining terlebih dahulu untuk ASN. 

"Ketika diskrining nanti ketahuan jika terdapat penyakit yang diharuskan untuk berobat. Atau baru gejala yang harus sudah menerapkan pola hidup sehat," katanya. 

Beberapa waktu kalau, lanjutnya, Sudin Kesehatan juga telah melakukan tes kebugaran bagi jajarannya dan hasilnya sebagian hanya cukup bugar. 

"Nantinya kita akan mengetahui hasil dari skrining dan tes kebugaran tersebut apakah bugar, cukup bugar, dan tidak bugar bagi ASN pada rapor sehat," ucapnya. 

Rismasari menambahkan, rencananya di bulan Juni akan melakukan tes kebugaran bagi ASN eselon 3 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat. 

"Nantinya kita akan melakukan skrining dan tes kebugaran bagi para ASN eselon 3 di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat," tandasnya.