Tahun 2023, Sudin KPKP Vaksin 6.740 Hewan untuk Cegah Rabies

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksin rabies di RPTRA Kampung Bali. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan vaksinasi rabies gratis, di RPTRA Hati Suci, Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Kamis (25/1).

Dalam kegiatan ini, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan kelautan dan Perikanan (Kasudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi hadir langsung memonitor vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan.

Penty menjelaskan, vaksinasi rabies ini untuk hewan kesayangan seperti, anjing, kucing, dan kera jika ada. Vaksin rabies ini sudah kali kedua dilaksanakan pada bulan Januari.

"Sudin KPKP sudah melaksanakan dua kali vaksin rabies, pertama di Kelurahan Benhil, dan kedua Kampung Bali. Dua kelurahan di Kecamatan Tanah Abang, menjadi kegiatan kami dari Sudin KPKP dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies” jelasnya

“Dalam melakukan vaksinasi rabies gratis ini, kita juga memberikan pakan bagi yang melakukan vaksin, berupa pakan dryfood dalam bentuk packing, bekerja sama dengan CSR ada Max life bagi pakan kucing serta Pro Balance bagi pakan anjing” imbuhnya.

Penty mengungkapkan, pada tahun 2023 terdapat 6.740 hewan yang telah divaksinasi, ini melebihi dari target 5.680 hewan. Masyarakat sudah memahami pentingnya melakukan vaksinasi rabies bagi hewan kesayangannya, ini artinya dia bertanggung jawab terhadap hewan kesayangannya dan juga dirinya dalam mencegah resiko penularan rabies itu sendiri.

Penty juga berharap kegiatan ini harus berjalan secara periodik dilakukan setiap tahunnya agar DKI Jakarta tetap mempertahankan bebas kasus rabies.

Sementara itu, Leni warga Petamburan, mengaku senang dengan adanya vaksinasi rabies ini, ia mengetahui vaksinasi ini rabies ini dari instagram @sudinkpkp.jp.

“Saya tahu adanya vaksinasi ini dari Instagram Sudin KPKP, sebelumnya saya dulu pernah ikut program steril gratis,  untuk vaksin rabies baru pertama kali," ucapnya.

Leni mengaku senang sekali dengan adanya vaksinasi rabies gratis ini, jadi jika hewan peliharaan bermain sama anak tidak was-was karena hewan kita sudah bebas rabies.

"Semoga program vaksinasi rabies ini tetap terus ada, dan semakin luas daerah cakupannya,” harapnya.

Untuk diketahui, pada vaksin rabies tersebut ada sebanyak 34 kucing, 1 musang, dan 1 kera yang berhasil mendapatkan vaksin rabies di RPTRA Hati Suci.