Tingkatkan Minat Baca Anak, Sudin Pusip Distribusikan Rak dan Buku ke 50 RPTRA Jakpus

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pendistribusian rak dan buku. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Arsip (Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pendistribusian Rak dan Buku ke 50 RPTRA yang sudah dilakukan sejak akhir tahun dan telah mencapai 80 persen, diperkiraan akan rampung pada pertengahan bulan Januari 2024.

Demikian dikatakan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi saat dihubungi, Rabu (3/1). 

"Untuk rak sudah diberikan ke 50 RPTRA yang ada di Jakpus, dan sekarang sudah kita cicil pendistribusiannya karena buku dari penerbit harus diolah dahulu oleh admin kita baru kemudian disalurkan, untuk satu RPTRA kita berikan 150 buku. Minggu depan insyaallah sudah semua RPTRA," katanya saat dihubungi, Rabu (3/1).

"Pada hari ini, kita mendistribusikannya ke tiga RPTRA yang ada di Jakarta Pusat meliputi, RPTRA Planet Senen, RPTRA MH Thamrin, dan RPTRA Annur untuk meningkatkan minat membaca anak di RPTRA," imbuhnya. 

Irwan menuturkan pemberian rak dan buku ini dalam rangka melengkapi sarana dan prasarana yang ada di RPTRA serta meningkatkan minat baca masyarakat sekitar.

"Kita tambahkan rak dan koleksi bukunya yang lebih baru agar masyarakat semakin senang membaca dengan buku-buku baru ini yang sebelumnya belum ada di RPTRA, kebanyakan buku tentang anak-anak, ada juga edukasi untuk ibu serta pengetahuan tentang stunting atau tangkes," tuturnya.

Selain rak dan buku, lanjut Irwan, ke depannya Sudin Pusip akan melakukan pengecekan terkait hal-hal yang menjadi kebutuhan RPTRA.

"Misalnya AC, karpet Puzzle atau lainnya yang menjadi kebutuhan perpustakaan di RPTRA dan menambah kenyamanan, nanti akan kita review di lapangan terlebih dahulu baru dianggarkan kebutuhannya," ucapnya.

"Semoga dengan pemberian rak dan buku ini akan meningkatkan minat baca masyarakat di sekitar RPTRA karena ada buku-buku baru ini apalagi RPTRA saat ini sudah buka pada pagi hari," tandasnya.