Tingkatkan Produktivitas, Sudin KPKP Jakpus Menggelar Pelatihan Pengolahan Pangan Ternak Bagi Ibu-ibu

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan olahan pangan ternak, di RPTRA Taman Guntur. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menyelenggarakan pelatihan diversifikasi olahan pangan ternak, di RPTRA Taman Guntur, Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil), Kecamatan Tanah Abang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, ada tiga hal yang menjadi penekanan pada pelatihan ini yaitu, sebagai bentuk penambah variasi dalam mengolah bahan makanan, pada hal ini yaitu ayam, kemudian bisa menjadi nilai ekonomis seperti, dapat dijajakan di Jakpreneur, dan terakhir, sebagai bentuk pencegahan stunting pada gizi anak-anak.

“Ini sangat bagus, terutama untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas dari para ibu-ibu, karena pelatihan ini nantinya akan dapat menumbuhkan para wirausaha yang mengedepankan mutu dari makanan yang diolah,” ujarnya.

“Ini tidak hanya dapat dikonsumsi secara internal artinya dalam ruang lingkup keluarga namun, bisa dijual secara sederhana untuk pemasukan keluarga. Selain itu, kita berharap lambat laun akan tumbuh lahan pekerjaan yang baru, sehingga arah ekonomi pun meningkat,” katanya.

Sementara itu, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi menambahkan, untuk pertemuan kali ini, pihaknya mengundang dari dua kecamatan yaitu, Tanah Abang dan Gambir. Setiap kecamatan mengutus 25 peserta, jadi total untuk pelatihan hari ini sebanyak 50 peserta.

“Selain pelatihan memasak akan diisi pelatihan mengemas, menyajikan, serta pelatihan seni fotografinya agar terlihat menarik produknya, karena kesan pertama itu kan dari penampilan,” ucapnya.

“Sebelumnya kita sudah melaksanakan untuk empat kecamatan yaitu, pelatihan pembuatan Ayam Galantin untuk warga Kecamatan Menteng dan Senen, kemudian Sate Taliwang untuk warga
Kecamatan Sawah Besar dan Kemayoran, dan hari ini, Ayam Bekakak untuk warga Kecamatan Tanah Abang dan Gambir,” imbuhnya.

Disamping memberikan pelatihan-pelatihan, kata Penty, pihaknya juga memberikan bahan baku dengan ayam ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal) itu terpenting karena untuk menunjang makanan enak perlu bahan baku yang bagus pula.