Tutup Rangkaian Peringatan Bulan K3, Disnakertransgi Gelar Jakarta Safety Run

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Disnakertransgi menggelar Jakarta Safety Run. Foto: Audrya

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Jakarta Safety Run dalam rangkaian penutupan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024, di Jalan Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/3).

"Rangkaian Bulan K3 DKI Jakarta diawali dengan apel akbar di Soemantri pada 31 Januari 2024 lalu ada pemeriksaan kesehatan, rangkaian kegiatan olah raga, futsal tenis voli. Sekarang puncaknya sekaligus penutupan digelar Jakarta Safety Run di Smartfren. Pesertanya 500 orang lebih terdiri dari perwakilan perusahaan di Jakarta," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta Hari Nugroho.

Hari mengatakan jika pelaksanaan bulan K3 tahun ini bisa dikatakan berhasil. Pasalnya ada 25 perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan rangkain Bulan K3.

"Jika di daerah lain bulan K3 hanya diisi dengan pemeriksaan kesehatan, di Jakarta Alhamdulillah diadakan safety run yang menunjukkan para peserta sehat semua," ujar Hari.

Dia mengatakan alasan memilih lari sebagai acara puncak Bulan K3 DKI Jakarta, karena merupakan kegiatan atau olahraga yang gampang dilakukan dan digemari banyak orang.

"Dari lari itu tubuh kita menjadi sehat. Kalau sudah sehat kita kerja juga bugar," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementerian Tenaga Kerja Heri Sutanto mengapresiasi Disnakertrans DKI Jakarta yang sudah menyelenggarakan Jakarta Safety Run 2024. Sebab, daerah lain biasanya hanya menggelar kegiatan seperti tes kesehatan.

"Hari ini luar biasa, mudah-mudahan kegiatan ini para pekerja lebih membudayakan K3 dengan jiwa yang sehat. Kita harap tingkat kecelakaan menurun dan sehingga K3 lebih baik lagi,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diharapkan peran serta pengusaha dan pekerja dalam penerapan K3 di tempat kerja dapat meningkat sehingga tercapai Provinsi DKI Jakarta menuju Jakarta Global City yang Berbudaya K3.

Turut dihadiri, Kepala Suku Dinas Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajat, didamping Kepala Seksi Pengawasan Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Kartika Lubis.