Wali Kota Dampingi Mendag Pantau Harga Bahan Pokok

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Mendag didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan monitor harga bahan pokok. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memantau harga bahan pokok di Pasar Palmerah, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (4/1).

Zulkifli Hasan menuturkan, dirinya bersyukur mendapati harga-harga bahan pokok (bapok) terbilang stabil di awal Tahun 2024. 

Dia menambahkan, pemerintah terbilang sukses menjaga harga bapok dan menekan angka inflasi. “Sungguh kita bersyukur dalam mengatasi Nataru tahun ini, pemerintah berhasil menekan inflasi Desember hanya 0,41 persen,” katanya.

Menyoal harga bahan pokok, Mendag mendapati harga ayam ada di sekitar 33 ribu per kg, telur 27 ribu per kg, dan bawang 45 ribu per kg.

“Untuk harga cabai sudah turun lumayan drastis dibanding beberapa minggu lalu, sebelum-sebelumnya bisa menyentuh harga 120 ribu per kg dan hari ini sekitar 70-80rb per kg,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menuturkan, secara umum hasil pemantauan harga masih stabil, terutama jika dibandingkan dengan peninjauan pasar pada akhir Tahun 2023 kemarin, untuk saat ini cenderung ada penurunan.

Lanjut Dhany, pihaknya tadi beserta rombongan meninjau harga di lapak pedagang ayam potong, beras, telur, cabai, dan bawang.

“Antisipasi untuk harga melonjak sudah dilakukan, DKI Jakarta termasuk pengendali terbaik inflasi di Indonesia, caranya bagaimana, ya pasokannya harus cukup. Kita bekerja sama dengan berbagai daerah, kemudian ada operasi pasar, subsidi pangan, selain itu pula pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam seperti, cabai. Ke depannya akan ada banyak gerakan untuk menanam cabai bersama,” ungkapnya.

“Saya berharap harga semakin stabil, ekonomi membaik dan masyarakat dapat hidup sejahtera,” imbuhnya.