Wali Kota Tanam 15 Pohon Tabebuya di Jalan Karet Pasar Baru Timur

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman pohon tabebuya. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan kegiatan rutin penanaman pohon pelindung yang kali ini berada di sepanjang Jalan Karet Pasar Baru Timur V, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (2/2).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, penanaman pohon tabebuya ini merupakan langkah pemerintah untuk mengadaptasikan perubahan iklim yang terjadi khususnya di wilayah Jakarta Pusat.

"Kita berupaya untuk mengadaptasikan perubahan iklim, jadi kita menanam pohon sebanyak mungkin untuk menangkap karbon dioksida (co2) yang tersebar di udara. Selain itu, juga untuk menambah estetika di jalan-jalan Jakarta Pusat," katanya.

Dhany berharap dengan adanya penanaman pohon ini, wilayah Jakarta Pusat lebih hijau sekaligus meningkatkan kualitas udara sehingga warga masyarakat bisa lebih sehat.

"Harapannya wilayah kita lebih hijau dan memperbaiki kualitas udara di Jakarta Pusat sehingga warganya bisa lebih nyaman dan sehat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Kasudin Tamhut) Administrasi Jakarta Pusat, Mila Ananda seusai kegiatan menambahkan, ada sebanyak 15 pohon tabebuya ditanam di area itu. "Tadi kita tanam 15 pohon tabebuya, targetnya 34 pohon akan kita tanam disekitar area City Walk ini," ujarnya.

Mila menambahkan, pihaknya juga telah melakukan pemetaan lokasi-lokasi yang berpotensi untuk dilakukan penanaman pohon.

"Jakarta Pusat itu lokasinya paling sempit di banding lima wilayah lain, jadi kami melakukan pemetaan lokasi mana saja yang berpotensi untuk kami lakukan penanaman pohon," ujarnya.

Sebagai informasi, selama 2023 Sudin Tamhut Kota Jakarta Pusat telah melakukan penanaman sebanyak 453 pohon dan selama Januari hingga Februari 2024 ini telah ditanam sebanyak 45 pohon.