Wawali Monitor Ketahanan Pangan dan Stabilitas Harga di Dua Lokasi

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali memeriksa stabilitas harga di Pasar Sumur Batu. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir melakukan monitor ketahanan pangan dan stabilitas harga dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah di Pasar Tradisional Sumur Batu (Kecamatan Kemayoran) dan Pasar Modern Foodmart Fresh Atrium Senen (Kecamatan Senen).

Chaidir mengatakan, dirinya berkeliling untuk melihat beberapa komoditas pokok seperti, beras, daging ayam, cabai, bawang, daging sapi, dan juga telur ayam.

“Pada prinsipnya, stok tersedia dengan baik jelang Hari Raya Idulfitri tahun ini, jadi warga jangan panik atau resah, stok tersedia di pasar tradisional maupun modern,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Chaidir, untuk monitor yang berlokasi di Foodmart Fresh Atrium Senen dikhususkan memeriksa waktu kadaluarsa serta kondisi keutuhan dari bahan pangan yang dijual.

Alhamdulillah tadi kita tidak menemukan bahan makanan yang kadaluarsa pengunjung tidak usah ragu membeli produk di sini," ucapnya.

"Kita berharap harga tetap stabil, tidak ada kenaikan yang terlalu drastis, sehingga daya beli warga juga tinggi terhadap kebutuhan lebaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi menambahkan, untuk beberapa harga di pasar tradisional cukup beragam, ada yang stabil namun juga ada yang naik.

“Harga beras masih stabil, ada kenaikan di bawang merah dan tomat, yang sedikit melonjak kenaikannya seperti, jahe yang awalnya 40 ribu, hari ini kita survei harganya 80 ribu, rata-rata yang naik itu barang-barang yang diperlukan untuk kebutuhan memasak makanan Idulfitri,” jelasnya.

Penty menjelaskan, dalam penentuan lokasi monitor dipilih pasar dengan komoditas barang yang lengkap, selain itu konsumen yang membeli cukup banyak, serta lokasi akses menuju pasar yang mudah.