Wawali Pimpin Penilaian Lomba Jakarta Gotong Royong di Empat Kelurahan

Reporter: Audry | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali meninjau lingkungan Kelurahan Johar Baru terkait lomba Jakarta Gotong Royong. Foto: Audry

Tim Kerja Bakti Lomba Jakarta Gotong Royong Tingkat Kota melakukan penilaian di empat kelurahan wilayah Administrasi Jakarta Pusat. 

Empat kelurahan tersebut yaitu, Kelurahan Karang Anyar (Kecamatan Sawah Besar), Kelurahan Harapan Mulya (Kecamatan Kemayoran), Kelurahan Cempaka Putih Barat (Kecamatan Cempaka Putih), dan Kelurahan Johar Baru (Kecamatan Johar Baru). 

Penilaian lomba kerja bakti tingkat kota tersebut dipimpin Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting dan Kabag PKLH Setko Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus. 

Chaidir mengatakan, kegiatan ini berdasar Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023 tentang Lomba Gotong Royong yang merujuk pada keaktifan warga masyarakat dalam melaksanakan kerja bakti.

Wawali menambahkan, tujuan dari berlangsungnya kegiatan ini bukan semata untuk lomba saja. Melainkan untuk lingkungan yang bersih, asri, lestari, dan kekompakan warga masyarakat sekitar. 

"Tujuan adanya lomba ini untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih, menjadi asri dan lestari serta, warga masyarakat juga semakin kompak dan guyub," katanya, Minggu (14/1). 

Chaidir menjelaskan, nanti pihaknya akan memutuskan wilayah mana yang lebih bagus dan akan menjadi perwakilan dari wilayah untuk lanjut ke tingkat provinsi. 

“Secara keseluruhan saya melihat partisipasi warga sudah cukup baik. Harmonis, humanis, bekerja sama saling bahu membahu menjaga lingkungannya," ucapnya. 

Chaidir berharap lomba ini terus berlangsung hingga tahun-tahun berikutnya, sebab tujuannya adalah menjaga kebersamaan dan keguyuban  untuk kebersihan, ketertiban, dan keamanan lingkungannya.

Sementara itu, Ketua RW 06 Kelurahan Johar Baru Ahyadi mengaku senang dengan adanya lomba Jakarta Gotong Royong. Menurutnya, kegiatan ini merupakan rutinitas yang selalu dilakukan oleh warga. 

“Setiap Minggu itu kita lakukan yang namanya bersih-bersih, dilakukan oleh warga dan sudah ada penjadwalannya," jelas Ahyadi. 

"Masyarakat juga antusias dalam menjaga kebersihan lingkungan, karena masyarakat menyadari bahwa ketika lingkungan bersih didapatkan rasa kenyamanan di lingkungannya sendiri," imbuhnya. 

Dalam kegiatan ini turut hadir TP PKK Jakarta Pusat, Sudin KPKP, Sudin SDA, Sudin Pertamanan, Sudin LH, Bina Marga, Camat Sawah Besar, Camat Kemayoran, Camat Cempaka Putih, Camat Johar Baru, Lurah Karang Anyar, Lurah Harapan Mulia, Lurah Cempaka Putih Barat dan Lurah Johar Baru.