Board game di Taman Ismail Marzuki (TIM). Foto: Malik Maulana
Bagi warga Jakarta yang ingin mengisi akhir pekan dengan workshop kreatif tentang board game di Taman Ismail Marzuki (TIM) maka acara ini bisa menjadi pilihan tepat untuk dapat dikunjungi.
Acara yang digagas oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat ini berkolaborasi dengan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) yang berlangsung mulai tanggal 6-7 Desember 2025.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Suprayogie mengatakan, industri board game ini merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang sedang berkembang pesat dan diminat masyarakat khususnya generasi muda.
"Melalui kreativitas, inovasi, dan kemampuan kolaborasi yang tumbuh dari komunitas board game, kita memiliki nilai edukasi, budaya serta ekonomi yang tinggi," ucap Suprayogie di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya Menteng, Sabtu (6/12) petang.
Suprayogie juga mengapresiasi atas kolaborasi yang baik antara Sudin Parekraf dengan ABPIBGI serta melibatkan siswa-siswi SMK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam penyelenggaraan acara ini.
"Selain mengadakan acara ini besok juga akan dilaksanakan penggalangan dana bantuan bencana alam Sumatera yang di prakasai perwakilan Abang None Jakarta Pusat sebagai bentuk sosial dan solidaritas sesama," imbuhnya.
Sementara itu, Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Shinta Nindyawati menuturkan, penyelenggaraan festival ini bertujuan memperkenalkan serta mengembangkan ekosistem industri board game.
"Ini sebagai kegiatan positif, edukatif, dan kreatif serta bukan sekedar permainan saja tetapi mampu membangun karakter melatih kemampuan berpikir strategis meningkatkan kolaborasi, memperkuat interaksi sosial antar generasi," ucapnya.
Untuk diketahui, board game adalah permainan berbasis papan yang dimainkan secara fisik menggunakan komponen seperti pion, kartu, dadu, dan papan dengan desain khusus, bertujuan untuk hiburan, melatih strategi, pemecahan masalah, dan sosialisasi dengan contoh klasik seperti Catur dan Monopoli, serta variasi modern yang lebih kompleks dan bertema.