Monev di kantor Lurah Kebon Kacang. Foto: R Maulana Yusuf
Plt Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setko Administrasi Jakarta Pusat Munjir Munaji bersama tim melakukan kegiatan monitor dan evaluasi (monev) pelayanan publik, administratif kepegawaian serta kinerja, di Kantor Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (19/8).
Munjir mengatakan, kegiatan monitoring di Kelurahan Kebon Kacang ini sesuai surat tugas wali kota yang bertujuan mengevaluasi pelayanan publik serta pelayanan administrasi dan juga pegawai.
"Jadi kita melakukan monitoring bagaimana Kelurahan Kebon Kacang dalam melayani masyarakat," katanya.
Menurutnya, monev ini dilaksanakan untuk memastikan pelayanan di kelurahan sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) mulai dari pengecekan administrasi kepegawaian, ruang PTSP, pelayanannya kepada masyarakat bagaimana, dan lain sebagainya.
"Tadi kita lihat ruang Dukcapil, termasuk ruang pengambilan fotonya, apakah sudah rapi, pokoknya monev ini selain melakukan pengecekan agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat serta pembinaan bagi para pegawai kelurahan," jelasnya.
Munjir menuturkan, kelurahan merupakan ujung tombak Pemerintahan DKI Jakarta dan Jakarta pusat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Menurutnya, hasil monev pelayanan publik di Kelurahan Kebon Kacang sudah cukup baik terlihat dari ketaatan para pegawai pada kehadiran dan jam kerja serta fast respon pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
"Kita pastikan bahwa semua urusan pelayanan di kelurahan-kelurahan ini dapat diberikan secara maksimal, kita terus lakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan serta berinovasi sesuai ketentuan," tuturnya.
"Untuk ke depannya kita harapkan setiap kelurahan di Jakarta Pusat ini bisa melakukan perbaikan-perbaikan, apa yang tim monev tingkat kota catat akan dibuat laporan ke wali kota," tandasnya.