Minuman Segar Buka Puasa Ini Kaya Manfaat

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Ilustrasi.

Seharian berpuasa tentunya tubuh kehilangan banyak cairan. Rasa dahaga di tengorokan sering kali dipuaskan dengan minuman segar khas berbuka seperti es kelapa, sop buah, es cendol, dan es cincau.

Selain menyegarkan dan enak, ternyata minuman berbuka ini kaya akan manfaat jika tidak berlebihan saat mengkonsumsinya. Dilansir dari berbagai sumber yang ada, Kominfotik JP telah merangkum manfaat dari minuman menyegarkan ini.

1. Es Kelapa Muda

Siapa yang tidak tahu rasa es kelapa muda, meski bukan di bulan Ramadan kesegaran es kelapa muda menjadi andalan di cuaca terik. Selain dapat melunturkan rasa haus, kandungan air kelapa mampu mengantikan cairan tubuh. Namun, tak hanya itu saja manfaat es kelapa juga dapat meningkatkan trombosit dalam darah, menyehatkan rambut, dan menyehatkan urin karena dapat membersihkan ginjal. Kandungan gula, kalium, dan vitamin c pada es kelapa dapat menjaga stamina tubuh.

2. Sup Buah

Siapapun pasti tidak bisa menolak kesegaran semangkuk sup buah. Buah yang segar dipadukan es, sirup, dan juga susu kental manis ini menjadi salah satu minuman favorit saat berbuka puasa. Selain menyegarkan tentu saja minuman ini menyehatkan karena kandungan dari berbagai macam buah yang tersaji dalam satu mangkuk. Dalam satu mangkuk sup buah terdapat berbagai vitamin dari buah yang ada seperti;

Melon: sumber serat, vitamin A, B6, C, kalium, asam folat, niasin.

Stroberi: sumber serat, vitamin C, zat mangan, kalium dan asam folat.

Anggur: sumber serat, vitamin A, C.

Nangka: sumber vitamin C dan mangan, rendah natrium.

Mangga: sumber serat, vitamin A, B6 dan C.

Sirsak: sumber serat, vitamin C, dan kalium.

Kelapa muda:  sumber zat mangan, tinggi lemak jenuh.

Susu kental manis: sumber protein, vitamin B2, B12, D, kalsium selenium, dan fosfor.

3. Es Cendol

Meski minuman ini termasuk minuman tradisional namun tidak hanya segar dan enak disantap es cendol memiliki beragam manfaat untuk kesehatan seperti, melancarkan pencernaan karena kandungan tepung sagu dari cendol mengandung banyak serat. Cendol juga mampu menjaga kesehatan jantung karena mengandung kalium. Kandungan fosfor dari santan dalam segelas es cendol dapat mengatasi keram otot dan meregangkan syaraf. Es Cendol juga dapat menjadi sumber karbohidrat tambahan untuk menambah kebutuhan karbohidrat setelah berbuka, karena kandungan tepung dan gula merah.

4 Es Cincau Hijau

Minuman tradisional yang terbuat dari daun cincau ini memiliki rasa kenyal dan adem saat dicerna. Sehingga dapat melegakan tengorokan yang panas dan haus. Selain itu, cincau mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Cincau juga dapat melancarkan peredaran darah, demam, mengatasi darah tinggi, mengatasi permasalahan lambung, dan melancarkan pencernaan. Serta mengobati diabetes karena daun cincau mengandung bisbenzilsokuinolin klorofil yang mempunyai peran menstabilkan kadar gula darah yang tinggi. (As)

 

Kominfotik JP/NEL