Anak PAUD dan SD di Lima Kelurahan Ikut IKRA

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam rangka memperingati Hari Aksara, Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) di lima kelurahan yang diikuti ratusan anak PAUD dan SD.

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan, kegiatan IKRA kali ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Kegiatan triwulan kali ini peserta yang disasar yaitu anak PAUD dan SD jenjang kelas kecil.

"Pelaksanaan kita gelar secara serentak di lima kelurahan yakni Kenari, Paseban, Senen, Kramat, dan Kwitang. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 6 sampai 19 September 2021 mendatang. Diikuti 235 anak PAUD dan SD,"kata Irwan, Senin (6/9).

Menurutnya, kegiatan IKRA bertujuan untuk mendekatkan akses bahan bacaan kepada masyarakat sekaligus bentuk alternatif kegiatan positif di saat pandemi yang mengakibatkan banyak keterbatasan aktivitas warga.

Lebih lanjut Irwan menuturkan, semangat IKRA ini juga diusung untuk membentuk literasi sejak dini dari lingkup keluarga sehingga ikatan antara orang tua dan anak semakin terjalin erat.

"Cara ini dinilai sangat efektif untuk membentuk kreativitas, imajinasi, dan komunikasi anak melalui membaca cerita bersama. Karena Madrasah pertama bagi seorang anak berawal dari keluarga," jelasnya.

Irwan menambahkan, kegiatan IKRA ini berkolaborasi dengan TP PKK Tingkat Kota dan Kelurahan agar pelaksanaan berjalan optimal.

"Semoga peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menikmati seluruh rangkain kegiatan, menerima manfaat positif, dan menjadi bagian dalam mendukung Jakarta sebagai kota literasi dan berbudaya baca," imbuhnya.