Gubernur DKI Tinjau Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di SDN 03

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SD Negeri Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah terus berupaya untuk membentengi imun tubuh warganya terhadap serangan virus Covid-19.

Setelah dinyatakan telah memenuhi target vaksinasi untuk usia remaja dan dewasa, kini giliran anak usia 6-11 tahun yang menerima asupan vaksin.

Kick off (memulai) vaksinasi untuk wilayah Jakarta dilaksanakan di SD Negeri Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat, dan dilaksanakan pula di 63 sekolah secara serentak di enam Kota/Kabupaten Administrasi, pada Selasa (14/12).

Gubernur Anies Baswedan meninjau pelaksanaan kegiatan ini bersama dengan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Anies menuturkan bahwa capaian vaksin dosis pertama di Jakarta perhari ini sudah mencapai 11,4 juta dosis atau 136% dari target, sedangkan dosis kedua mencapai 9,4 juta atau 112% dari target.

“Alhamdulillah kita sudah berupaya penuh, dan hasilnya cukup memuaskan dari target yang dicapai,” ujar Anies.

Menurutnya, kondisi Covid-19 di DKI Jakarta berstatus terkendali dengan penambahan kasus sekitar 30 perhari.

“Kami mengundang kepada orang tua ajak anak-anaknya yang berusia 6-11 tahun untuk mendatangi fasilatas kesehatan atau sekolah yang menyelenggarakan vaksin agar capaian vaksinasi dapat segera tercapai,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menambahkan, untuk hari ini penyelenggaraan vaksin anak serempak dilaksanakan di 115 kota/kabupaten dan di 19 provinsi.

Menurutnya, kriteria kota/kabupaten yang dapat melaksanakan vaksin untuk anak yaitu yang telah mencapai target dosis pertama sebanyak 70% dan 60% vaksinasi untuk lansia.

"Untuk vaksin anak ini kita berikan jenis Sinovac dan kita menyediakan sekitar 26,7 juta untuk dosis pertama di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan, vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini merupakan satu ikhtiar dalam mencegah penularan Covid-19.

"Vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar memberikan perlindungan kepada anak dari penularan Covid-19,” ujar Dhany yang ikut hadir dalam kick off ini.

Sebagi informasi, untuk di Jakarta Pusat tersedia 12 titik lokasi vaksin anak usia 6-11 tahun, yaitu di SDN 01 Harapan Mulia, SDN 03 Cempaka Putih Timur, SDN 08 Kenari, SDN 09 Johar Baru, SDN 09 Tanah Tinggi, SDN 04, 09, 10, 13 Cilamaya Cideng, SDN 01 Mangga Dua Selatan, SDN 03 Menteng, dan SDN 01 Benhil.

Vaksinasi Covid-19 ini juga mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021, anak-anak usia 6 sampai 11 tahun sudah dapat diberikan vaksinasi Covid-19.