Gulkarmat Jakpus Kerahkan 24 Unit Damkar Padamkan Kebakaran di Jalan Kali Pasir

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Gulkarmat Jakpus melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi di Jalan Kali Pasir RW 01, Kelurahan Cikini. Foto: pusat.jakarta.go.id

Petugas Penanganan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi di Jalan Kali Pasir RW 01, Kelurahan Cikini, dekat RS Menteng Mitra Afia atau Mesjid Kuba, Jakarta Pusat, Jumat (17/12) malam. 

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, telah terjadi kebakaran pada rumah padat hunian pukul 20.20 WIB malam.

"Petugas telah tiba di lokasi pukul 20.40 WIB dan berhasil memadamkan api pukul 22.45 WIB. Mengerahkan 24 unit Damkar terdiri dari 140 personel," katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (18/12).

"Kebakaran di rumah padat hunian (RT 015, RT 09, RT 010) menghanguskan 17 rumah, sembilan rumah terdampak berserta 13 sepeda motor," imbuhnya. 

Kebakaran, lanjut Asril, diduga terjadi akibat korsleting pada tiang listrik dan tidak ada korban jiwa dari kebakaran tersebut. "Info dari saksi mata melihat dugaan awal api dari korsleting tiang listrik," katanya.

Akibat kebakaran yang menghanguskan 17 rumah kerugian ditaksir 1 miliar lebih.

Sementara itu, Lurah Cikini Rizqon Hermawan menambahkan, para pengungsi korban kebakaran kini berada di kantor Kelurahan Cikini, Pos RW, dan ada yang ke tempat keluarganya. 

"Ada tiga wilayah RT di Kelurahan Cikini yang terbakar, di RT 09 empat rumah, RT 010 sebanyak 10 rumah, dan RT 015 tiga rumah. Total sebanyak 76 jiwa kehilangan tempat tinggal," jelasnya.

"Bantuan logistik dari Sudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat dan BPBD Provinsi sudah diberikan tadi malam bagi korban kebakaran berupa makanan siap saji, matras, selimut, pampres dan lain-lain," tandasnya.