Jakarta Bersih di Tangan PPSU

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Nani Siti, petugas PPSU Kelurahan Pegangsaan sedang mebersikan sampah ranting dedaunan. Foto: Aris PKL

Sampah dedaunan yang jatuh di Jalan Prambanan berserta sampah sisa makanan habis disapu bersih Nani Siti, petugas PPSU Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) bersama tiga rekannya.

Nani yang sudah bekerja selama enam tahun sebagai PPSU di Kelurahan Pengangsaan ini nampak cekatan membersihkan daun-daun yang menutupi Jalan Prambanan dan sekitarnya. Gagang sapu dipegangnya dengan penuh tenaga, begitupun polybag satu persatu terisi penuh sampah.

"Jam kerja kita dimulai pukul 08.00, tapi kita sudah harus ada di kelurahan untuk apel jam 05.00," ungkapnya.

"Saya harus jalan dari rumah jam 04.30, lalu Salat Subuh jamaah di Kelurahan sebelum apel," jelasnya saat ditemui di lokasi, Kamis (7/10).

Menurutnya, rutinitasnya di pagi hari, didahuluinya dengan menyisir sampah di sepanjang Jalan Prambanan, jika sudah tuntas dan masih banyak waktu. Ia mengisi waktu luang untuk membersihkan saluran maupun rumput-rumput liar yang mengganggu kebersihan jalan.

"Untuk istirahat kita sejam saat zuhur, setelah istirahat kembali kerja. Sampai jam 13.00 baru nanti diganti petugas lain shift selanjutnya," jelasnya.

Sementara itu, Pengawas PPSU Kelurahan Pegangsaan Rahmat mengatakan, anggota PPSU di bawah pengasuhannya sudah diberikan zona-zona yang harus dikerjakan masing-masing.

Menurutnya, bila kebersihan zona sudah baik petugas akan diajaknya membereskan laporan warga yang masuk ke dalam aplikasi. Misalnya ada laporan warga untuk membersihkan saluran.

"Setelah jam istirahat atau saat kerjaan beres, saya ajak petugas cari laporan warga. Saya bawa lima orang misalnya, untuk bersihkan saluran. Nanti tinggal kita laporkan ke pimpinan nguras saluran di jalan ini, RT/RW ini," jelasnya.

Ia menyadari, tidak mudah membuat PPSU ini tetap semangat dalam bekerja. Namun, ia terus melakukan pendekatan pada anggotanya untuk tetap giat dalam memberikan pelayanan kebersihan bagi warga Jakarta.

"Saya selalu bilang ke mereka untuk enjoy dalam bekerja, saya juga ikut bantu mereka menyapu. Di situlah mereka akhirnya semangat lagi untuk bekerja lagi. Kalau capek boleh istirahat tapi gantian jangan semuanya harus ada petugas jaga," lanjutnya.

Di masa pandemi ini, Rahmat mengatakan, tugas PPSU tidak hanya sebatas membersihkan wilayah. Tetapi mereka juga turut terjun membantu masyarakat dalam penanganan Covid-19.

"Kita bantu jemput lansia yang mau divaksin, door to door mensosialisasikan vaksin pada masyarkat, hingga mengingatkan masyarkat terkait protokol kesehatan 5M sambil bekerja membersihkan wilayah," ceritanya bersemangat.

Sebagai PPSU yang selalu memastikan kebersihan wilayah, ia dan anggotanya sering mendapatkan apresiasi dari warga sekitar yang merasa terbantu akan kinerjanya.

"Biasanya warga sini suka komen, makasih yah atas bantuannya. Ada penghargaan juga dari mereka," pungkasnya.