Jelang Natal, Wali Kota Instruksikan UKPD Antisipasi Keamanan

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jelang perayaan Natal pada 25 Desember 2021 mendatang, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menginstruksikan jajaran camat lurah, dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) lainnya untuk mengantisipasi keamanan.

Hal ini diungkapkannya saat rapat koordinasi wilayah, di Ruang Serbaguna, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir Utama, Kamis (23/12).

Dhany mengatakan, camat dan lurah harus berkoordinasi dengan para pemuka agama maupun rumah ibadah guna memastikan stabilitas keamanan di gereja saat perayaan Natal berlangsung.

Ia juga menginstruksikan agar lurah camat berbagi tugas termasuk dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“Koordinasikan, datangi satu-satu jangan sampai ada yang terlewat. Pastikan pada pengurus dan pengelola bahwa area itu betul-betul dijaga,” ungkapnya.

“Lurah, camat, Satpol PP, UKPD terkait dilibatkan termasuk FKDM, serta FKUB tingkat kecamatan dan kota monitoring pengamanan Malam Natal,” jelasnya.

Dhany menegaskan, dalam melakukan pengamanan Natal ini pihaknya ingin memastikan perayaan Ibadah Natal umat Kristiani benar-benar khusyuk, tidak ada gangguan.

Jika terjadi gangguan, lanjutnya, segera diantisipasi. “Jajaran kelurahan kecamatan juga harus membuat posko pengamanan. Jadi ada posko yang sifatnya stand by, ada yang keliling memonitor,” tegasnya.

Selain itu, Dhany juga menginstruksikan UKPD terkait untuk memastikan protokol kesehatan di rumah ibadah tetap dilakukan.