Kawasan Cikini Akan dijadikan Destinasi Walking Tour

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, kawasan Cikini Kecamatan Menteng akan dijadikan destinasi walking tour.

Menurutnya, kawasan Cikini ini akan ditata ulang mulai dari trotoar, sisi sejarah, dan para pedagang Usaha Kecil Menengah (UKM).

Irwandi mengatakan, rencananya walking tour destinasi wisata Cikini ini akan dimulai September atau Oktober 2021 mendatang, menyesuaikan dengan situasi pandemi yang ada.

“Ini akan jadi kawasan destinasi wisata walking tour, kawasan heritage (warisan) sejarah yang akan dikunjungi orang lokal, daerah, dan luar negeri,” ungkapnya, di Ruang Rapat Wakil Walikota Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (24/8).

Irwandi menjelaskan kawasan Cikini merupakan kawasan heritage yang dapat dikembangkan sebagai nilai jual wisata urban.

Ia juga mengungkapkan bahwa kawasan Cikini tidak hanya Taman Ismail Marzuki (TIM) saja, di sana juga terdapat bekas kebun binatang Ragunan milik Raden Saleh, Kolam Renang pertama di Jakpus, SMPN 1, dan juga Sekolah Cikini di mana mantan Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarno Putri pernah bersekolah di sana.

“Nanti oleh Sudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat  akan digali lagi situsnya. Jadi nanti pada saat walking tour ini bisa diceritakan kembali sejarahnya. Kawasan Menteng Gondangdia banyak sejarahnya, ini yang akan dijual,” jelasnya.

Irwandi juga menegaskan, akan melakukan peninjauan lapangan guna memastikan titik-titik yang akan dijadikan kawasan destinasi wisata walking tour di Cikini. Rencananya peninjauan akan dilakukan 15 September 2021 mendatang.