Lahan Kosong di Wilayah Jakpus Akan Ditanami Tumbuhan Produktif

Reporter: Nelly Mariyanti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Lik

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menginstruksikan lahan kosong di tiap wilayah dapat dimanfaatkan untuk ditanami beberapa jenis tumbuhan produktif.

Menurutnya, keberadaan lahan kosong itu bisa dimanfaatkan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) untuk ditanami beberapa jenis tumbuhan produktif. Seperti, tanaman sayuran dam cabai. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ketahanan pangan.

"Lahan kosong yang tidak dimanfaatkan di wilayah Jakarta Pusat, kita akan jadikan sumber ketahanan pangan," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (16/6).

Selain ketahanan pangan, lanjut Dhany, lahan kosong tersebut juga bisa dimaanfaatkan sebagai taman atau ruang terbuka hijau. Menurutnya, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota juga bisa memanfaatkan lahan tersebut.

"Kita bisa usulkan jadi taman, Sudin Pertamanan bisa masuk di sana. Kita bisa ganti asetnya," jelasnya.

Hal senada juga sempat diungkapkan, Asissten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting beberapa waktu lalu.

Dia mengungkapkan, ada beberapa wilayah di Jakarta Pusat yang memiliki lahan kosong tak terpakai akan ditanami tanaman produktif seperti cabai.

"Kita akan coba tanami cabai, harapan kita ke depan tidak perlu kita beli cabai lagi. Kita akan coba tanam di Cideng Timur, RW 09 Karet Tengsin," ungkapnya.

"Kita akan tanami supaya lahan ini tidak dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain," tandasnya.