Pemkot Jakpus Gelar Sinkronisasi Pembangunan Jalan Tol Semanan-Sunter

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Lik

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar sinkronisasi program pembangunan Jalan Tol Semanan-Sunter, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang l, Gambir, Senin (15/3).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan kegiatan sinkronisasi dilakukan guna mendukung program pembangunan nasional yang melintasi wilayah Jakpus, sekaligus meminimalisir dampak yang akan terjadi.

Sinkronisasi ini juga diharapkan dapat menyelaraskan kebijakan yang dilakukan dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat.

“Jadi sinkronisasi ini dilakukan agar pembangunan dan dampak yang akan terjadi tidak meluas,” ungkap Dhany.

Dia menjelaskan, nantinya Jalan Tol Semanan-Sunter ini akan melintasi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Gambir, dan Kecamatan Sawah Besar. Mulai dari Kelurahan Serdang, Kebong Kosong, dan Duri Pulo.

“Saat ini kita dalam proses pembebasan lahan dan sinkronisasi rekayasa lalu lintasnya,” jelas Dhany.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen Pengadaan Tanah Jalan Tol Ruas Semanan-Sunter Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hartono menerangkan pembangunan jalan tol ini direncanakan berjalan pada 2022 mendatang.

Menurutnya saat ini proses pembebasan lahan yang sudah selesai ada di Kelurahan Serdang. Menyusul pembebasan lahan di Kelurahan Kebon Kosong, dan Kelurahan Duri Pulo.

“Untuk pembebasan lahan kita pakai harga appraisal (penilaian). Kita sudah tidak mengunakan NJOP lagi,” terangnya.

Rencananya, lanjut Hartono, pembangunan Jalon tol ini ditargetkan rampung 32 bulan setelah pengerjaan di tahun 2022 mendatang. (As)

 

Kominfotik JP/NEL