Pemkot Jakpus Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Buku Digital

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan sosialisasi dan pelatihan buku digital secara online dan offline. Foto: Zahra PKL

Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) bersama Sudin Pendidikan serta para Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar sosialisasi dan pelatihan buku digital secara online dan offline.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti 461 peserta yang hadir secara online. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri dan dibuka langsung Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (22/10).

Dalam kesempatan ini, Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati mengatakan, sosialisasi dan pelatihan buku digital ini merupakan momentum perubahan yang baik di masa pandemi Covid-19, di mana kegitan ini menjadi upaya orang tua dan guru untuk memenuhi kebutuhan anak dalam belajar melalui buku digital tersebut. 

Ia juga mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan bermanfaat bagi masyarakat baik orang tua maupun guru-guru PAUD.

"Salah satu perkembangan pada anak-anak yaitu perlu diperhatikan literasinya, sebagai orang tua kita juga harus mempunyai referensi untuk mendekatkan diri dengan anak sehingga emosional kebutuhan anak bisa terpenuhi dengan literasi," ujarnya.

Di tempat yang sama, Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pelatihan buku digital ini merupakan kolaborasi dari berbagai kolaborator dalam rangka peluncuran Buku Digital.

Buku digital sendiri, menurutnya, merupakan inisiasi dari Bunda PAUD Jakpus untuk mendorong dan melatih para guru PAUD di wilayah Jakpus untuk membuat karya dalam bentuk digital. Apalagi di masa pandemi, para guru dan orang tua harus bisa beradaptasi dengan teknologi sebagai media literasi untuk anak-anak.

"Kita sama-sama berusaha dengan literasi berbasis teknologi ini menciptakan anak-anak dan guru-guru berkualitas, maka itu kita buat terobosan baru dengan me-launching dan sosialisasi pelatihan buku digital," ungkap Ucu.

Ucu menjelaskan, nantinya buku digital ini akan disajikan dalam bentuk PDF kemudian dikonversi dan diunggah menjadi flipbook digital melalui web FlipHTML5.

Sementara itu, Kepala Sudin Pusip Irwan Septinadi menjelaskan, kegiatan ini terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama adalah sosialisasi berbentuk web seminar (webinar) dengan capaian peserta seluruh guru-guru PAUD se-Jakarta Pusat. Sementara, sesi kedua yaitu pelatihan diadakan pada 25-26 Oktober 2021 mendatang.

Menurutnya, para peserta yang sudah mendapatkan pelatihan dan menguasai pembuatan buku digital, diwajibkan minimal mengirim satu karya sesuai tanggal yang ditentukan. Karya tersebut kemudian akan diseleksi kelayakannya oleh Pustaka Al Kautsar sebagai penerbit. 

"Intinya ini usaha Bunda Paud Jakpus untuk memberikan terobosan pada guru maupun orang tua untuk lebih mendekatkan diri dengan bidang Informasi Teknologi," tandasnya.