Pemkot Jakpus Lampaui Target Pengumpulan Dana ZIS Tahun 2021

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi. Foto: Berlian Sigit

Pemerintah Kota Administrasi (Pemkot) Jakarta Pusat berhasil melampaui target hasil pengumpulan Zakat Infak Sedekah (ZIS) tahun 2021 senilai Rp 16.712.923.460, hasil ini melewati dari angka yang ditetapkan pada tahun 2021 yakni sebesar Rp 15.605.500.000. Angka ini diumumkan sampai batas laporan tanggal 27 Desember 2021.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi didampingi Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Aliy Ridho saat menghadiri kegiatan evaluasi penghimpunan ZIS Tingkat Wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat tahun 2021 di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (28/12).

Fahmi sangat mengapresiasi capaian ini dan berharap akan ada peningkatan untuk tahun berikutnya. Ia juga menjelaskan hasil pengumpulan pada tahun ini sebagian besar dihasilkan dari ZIS para ASN yang berada di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.

"Kita berikan apresiasi atas hasil pencapaian pada tahun ini yang melebihi dari target yang ditetapkan. Apresiasi kita berikan kepada wilayah atau UKPD yang berhasil melampaui target, dan bagi yang belum berhasil untuk segera mengejar target tersebut sampai akhir tahun ini,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Aliy Ridho mengaku sangat bersyukur atas hasil dana ZIS yang dicapai pada tahun ini karena hasilnya melewati dari angka yang ditetapkan pada tahun 2021.

“Alhamdulillah pengumpulan dana ZIS pada tahun ini, Jakarta Pusat mencapai (melewati) 100%. Mudah-mudahan tahun depan ada peningkatan dari sisi masyarakat (di luar ASN). Kita juga berharap ke depan ada pihak dari swasta atau usaha yang menyalurkan dana ZIS-nya di kami,” ujarnya.

Aliy juga menambahkan pihaknya mengucapkan rasa terima kasih kepada semua UKPD di Pemkot Administrasi Jakarta Pusat yang telah bekerja keras mengumpulkan dana ZIS. Pihaknya juga berencana akan memberikan pengharagaan kepada UKPD yang berhasil mencapai, bahkan melebihi dari target yang ditetapkan.

Di tempat yang sama, Asep Mulyaman selaku Camat Kemayoran, yang wilayahnya berhasil melebihi target pengumpulan dana ZIS di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat tahun ini, sangat mengapresiasi pihak-pihak yang bekerja sama dalam pengumpulan dana ZIS di wilayahnya.

“Raihan pencapaian ZIS tahun ini mencapai (melewati) target, tentunya berkat kerja sama dan sinergitas semua unsur. Petugas ZIS memiliki tim yang solid dalam melakukan pendekatan kepada seluruh donatur ZIS,” ungkapnya.

Asep juga menambahkan, ke depan pihaknya terus berusaha menjaga hubungan silaturahmi, dan mengajak lebih banyak lagi masyarakat serta swasta untuk menyalurkan dana ZIS.

"Saya berharap, dalam pengumpulan dana ZIS, wilayahnya bisa lebih baik lagi seiring situasi pandemi Covid-19 yang melandai," harapnya.