Pemkot Jakpus Serahkan 250 Alat Musik Islami

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan alat musik Islami di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (29/12). Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) melalui Suku Dinas Kebudayaan menyerahkan 250 alat musik Islami bagi delapan kecamatan.

Secara simbolis, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat M Fahmi, serta Kasudin Kebudayaan M Nurdin menyerahkan alat musik Islami, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (29/12).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerangkan, penyerahan alat musik Islami ini merupakan realisasi dari usulan warga melalui Rembuk RW hingga ketingkat Musrenbang Kota tahun 2020 lalu.

Penyerahan alat musik Islami ini dalam bentuk hadroh, marawis, dan rebana yang merupakan wujud dari perencanaan pembangunan oleh masyarakat untuk kebutuhan masyarakat itu sendiri.

“Alat musik Islami ini cerminan kebutuhan real masyarakat, memang ini yang dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.

Dhany juga mengatakan alat musik Islami yang diberikan ini bagian dari kesenian dan kebudayaan. Di mana kebudayaan menjadi salah satu visi Pemprov DKI Jakarta.

Dengan kehadiran alat musik Islami ini, Dhany juga mengharapkan bisa membangun persatuan dan kesatuan serta ketentraman di masyarakat.

“Manfaatkan alat musik ini untuk membangun karakter, meningkatkan partisipasi, dan membangun tindakan pro-aktif di masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M Nurdin menjelaskan, ada 250 paket alat musik Islami berupa rebana, marawis dan hadroh yang akan dibagikan di delapan kecamatan wilayah Jakarta Pusat.

Penyerahan, lanjutnya, akan dilakukan di gedung Pusat Pelatihan Seni Budaya di Kecamatan Tanah Abang mulai sore nanti.

Ia juga menerangkan jadwal pembagian alat musik tersebut yakni, Kecamatan Sawah Besar mulai sore ini hingga 4 Januari 2022, Kecamatan Menteng 5-6 Januari 2022, Kecamatan Tanah Abang 10 Januari, Kecamatan Senen 11 Januari 2022, Kecamatan Gambir 13 Januari 2022, Kecamatan Johar Baru 15 Januari 2022, Kecamatan Cempaka Putih 17 Januari 2022, dan Kecamatan Kemayoran 19 Januari 2022.

“Kita harapkan akhir Januari 2022 seluruh permintaan masyarakat sudah terdistribusi seluruhnya,” terangnya.