Penataan Petojo Enclek Terapkan Konsep THIS

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan Petojo Enclek. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan penataan kawasan Petojo Enclek mengedepankan konsep Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial (THIS).

Hal ini diungkapkannya usai rapat koordinasi penataan kawasan Petojo Enclek, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (6/9).

Baca Juga: 

Potensi Destinasi Wisata, Kawasan Petojo Enclek Bakal Ditata

Dhany menerangkan, penataan kawasan Petojo Enclek ini meliputi Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Museum Prasasti, Kantor Sudin Pusip Jakarta Pusat, Pasar Petojo Enclek, serta beberapa bangunan bersejarah lainnya yang ada di kawasan tersebut.

"Tema yang mau diusung adalah tema berbasis sejarah dan juga lingkungan yang berada dalam satu kawasan. Perencanaanya sudah disusun berdasarkan masterplan," terangnya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting.

Terkait, kapan pelaksaanan penataan kawasan Petojo Enclek ini, Dhany mengungkapkan, rencananya penataan dimulai tahun 2023 dan ditargetkan rampung tahun 2025 mendatang. 

Saat ini, lanjut Dhany, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat tengah melakukan berita acara kesepakatan. "Untuk pengangarannya akan dilakukan tahun 2022," tandasnya.