Petugas Pertamanan dan Hutan Kota Evakuasi Pohon Tumbang di Tiga Titik

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan evakuasi pohon tumbang di Jalan Teuku Umar. Foto: pusat.jakarta.go.id

Petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan evakuasi pohon tumbang di tiga titik, pada Senin (10/8).

Pohon tumbang atau sempal tersebut berada di Jalan Kartosono Menteng, Taman Gunung Agung Jalan Kwitang, dan Jalan Teuku Umar.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan, pohon yang tumbang tersebut jenisnya mahoni dan flamboyan.

"Ke tiga pohon tumbang itu sudah dievakuasi oleh petugas PJLP Pohon dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat," katanya.

Mila menjelaskan, pohon yang tumbang itu karena akar keropos, sementara bagian batang masih sehat tidak mengalami pelapukan.

"Akar yang keropos ini tidak bisa terdeteksi dengan alat ultra sonografi pohon yang hanya bisa mendeteksi bagian batang dengan diameter minimal 30 cm, dan secara visual atau kasat mata akar yang keropos tersebut tidak bisa terlihat karena berada di dalam tanah," jelasnya.

Ia menambahkan batang pohon yang tumbang itu disimpan di gudang Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat yang berada di Percetakan Negara V.