Rain Garden Taman Biotrans Dapat Atasi Genangan

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Taman Biotrans di Jalan Suprapto, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Rain garden adalah taman dengan vegetasi yang didesain untuk mengumpulkan limpasan air hujan (limpasan permukaan) dari area di sekitarnya.

Keberadaan rain garden di lokasi Taman Biotrans ini sukses mengatasi genangan di Jalan Suprapto, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca Juga: 

Resmikan Taman Biotrans, Anies Baswedan Wujudkan Jakarta Kota Ramah Lingkungan  

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda menerangkan, keberadaan rain garden di kawasan Taman Biotrans merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai penanganan genangan. Fungsi dari rain garden ini untuk memaksimalkan resapan air.

“Sebenarnya RTH itukan fungsinya resapan tapi dengan adanya embung di lokasi Taman Biotrans serta rain garden ini kemampuan daya serapannya itu lebih maksimal,” terangnya, ditemui usai peresmian Taman Biotrans, Jumat (27/12).

Mila mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan uji coba dari efektivitas rain garden seluas 60 meter ini saat hujan terjadi. Dengan adanya rain garden ini kawasan sekitar Jalan Suprapto yang biasanya tergenang menjadi lebih cepat surut.

“Kawasan ini kan sebelumnya tergenang, Insya Allah dengan adanya taman ini akan menjadi solusi dari penanganan genangan,” jelasnya.

“Ini konsep keseluruhan baik embung maupun rain garden. Jadi ketika hujan akan ada genangan tapi cepat meresap ke dalam,” tandasnya.