Sudin SDA Jakpus Bantu Distribusi Tabung Oksigen di Lima RSUD

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas SDA Jakpus membantu pendistribusian tabung oksigen ke RSUD. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) membantu pendistribusian tabung oksigen di lima Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Kasudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Rauf Gafar menerangkan, untuk membantu pendistribusian tabung oksigen ini pihaknya mengerahkan dua unit mobil truk terbuka dan 20 petugas. Proses pendistribusian tabung gas sendiri sudah dilakukan sejak kemarin, Rabu (30/6).

"Dua armada dan 20 personil secara bergantian dikerahkan untuk membantu pemenuhan pasokan tabung oksigen di lima rumah sakit umum daerah," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (1/7).

Sementara itu, lanjut Rauf, kelima RSUD di wilayah Jakarta Pusat yang meminta bantuan pengangkutan tabung oksigen di antaranya RSUD Tarakan, Cempaka Putih, Johar Baru, Kemayoran, dan Sawah Besar.

"Total sebanyak 113 tabung oksigen ukuran besar dan kecil sudah didistribusikan secara bertahap untuk perawatan pasien di lima RSUD sejak pagi hingga malam," paparnya.

Dia menambahkan, para petugas juga tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat pada proses pengangkutan. Mulai saat tabung oksigen kosong dibawa untuk diisi ke tempat pengisian di Marunda dan Pulogadung, hingga diantar kembali ke rumah sakit.

"Pasukan biru disiagakan 24 jam yang siap membantu proses pendistribuan tabung oksigen ke rumah sakit di Ibu Kota," tandasnya.