TP PKK Jakpus Lakukan Panen Serentak di 37 Titik Wilayah

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Panen sayur di Taman Sumenep, Menteng. Foto: Berlian Sigit

Ketahanan Pangan menjadi hal yang penting di tengah pandemi yang belum usai, sudah sepatutnya masyarakat turut mendukung ketahanan pangan, salah satunya dengan mengembangkan urban farming atau pertanian perkotaan.

Dalam rangka mendukung pengembangan urban farming di DKI Jakarta sekaligus memperingati HUT ke-76 RI, Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas KPKP, Dinas Lingkungan Hidup, Diskominfotik, Dinas PPAPP, dan para pegiat urban farming menyelenggarakan kegiatan 'Panen Bersama se-DKI Jakarta', Jumat (20/8).

Kegiatan ini juga dilaksanakan di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat. Salah duanya di Kampung Eduwisata Bhinneka RW 06 Kebon Kosong, Kemayoran dan Taman Sumenep, Menteng. Di lokasi kedua turut dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah.

"Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta dan dipimpin langsung Ketua TP PKK DKI Ferry Farhati, secara virtual," kata Ucu di Taman Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/8).

"Di wilayah Jakarta Pusat panen bersama secara serentak ini dilakukan di 37 titik wilayah yang berada di delapan kecamatan," imbuhnya.

Ucu mengungkapkan, banyak sayur dan buah yang dipanen pada hari ini. "Tadi kita memanen kangkung, bayam, pakcoy merah, pakcoy hijau, dan buah sayur seperti, terong, tomat, serta cabai," jelasnya.

Ia juga mengimbau bagi para ibu-ibu di setiap rumahnya untuk menjadikan halaman rumah sebagai urban farming. Sebagai tempat menanam sayuran, dan buah agar lingkungan menjadi asri dan sejuk terlebih hasilnya bisa dinikmati serta lebih sehat.

"Mudah-mudahan apa yang ditanam bisa sebagai ketahanan pangan keluarga, bisa dinikmati sayuran sehat yang ditanam sendiri, dan dinikmati sendiri," tandasnya.