Vaksin Moderna Mulai Diberikan di Tujuh Rumah Sakit

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Malik Maulana

Vaksinasi Covid-19 jenis moderna mulai diberikan di tujuh rumah sakit di wilayah  Jakarta Pusat (Jakpus), vaksin jenis ini diberikan bagi warga yang memiliki komorbid berat.

Kasudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan, vaksinasi moderna diberikan bagi warga yang selama ini tidak dapat divaksin menggunakan sinovac dan astraZeneca, akibat memiliki komorbid berat.

"Kelompok warga memiliki komorbid berat di antaranya autoimun, gagal ginjal, kanker, dan sebagainya," ujar Erizon Safari saat dikonfirmasi, Kamis (19/8).

Ia menjelaskan, pelayanan vaksinasi moderna ini telah tersedia di tujuh rumah sakit di antaranya, RSCM, RSPAD Gatot Subroto, RS St Carolus, RS Abdi Waluyo, Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai Balaikota DKI Jakarta, RSUD Tarakan, dan Puskesmas Menteng.

"Warga yang memiliki komorbid berat dapat menyertakan surat keterangan dokter terkait persetujuan vaksin moderna," terangnya.

Selain warga dengan komorbit berat, vaksin moderna juga diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang tercatat telah menerima dua dosis vaksin. Tambahan penyuntikan vaksin moderna bagi nakes dilakukan sebagai boster.

"Tim nakes mendapatkan satu dosis, sedangkan warga yang memiliki komorbid disuntik dua dosis secara bertahap," tandasnya.