Wakil Wali Kota Minta Satgas Covid Monitor Pemotongan Hewan Kurban

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meminta Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di tingkat kelurahan dan kecamatan melakukan monitor pemotongan hewan kurban.

Menurutnya, Satgas Covid kelurahan dan kecamatan beserta tim tiga pilar akan terjun ke wilayah masing-masing untuk mengawasi pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan saat pemotongan dilakukan.

"Kalau dulu pemotongan hewan jadi tontonan, sekarang ini berbeda jauh. Pemotongannya akan diatur tidak boleh berkerumun karena situasi pandemi covid 19," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (12/7).

"Jadi nanti tiga pilar, Babinsa, TNI, Polri, Satgas Covid akan keliling ke masjid-masjid yang ada di wilayahnya untuk memonitor pemotongan kurban," tambahnya.

Irwandi menekankan, agar pemotongan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha jangan sampai menjadi kluster baru penyebaran virus Covid-19. Ia meminta agar pemotongan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Petugas pemotongan kurban pun dibatasi.

"Ini jangan sampai menjadi kluster baru, tolong diperhatikan ketat, termasuk pembagian hasil kurbannya, " tegas Irwandi.

"Tetap kita berkurban, tapi aturan prokesnya tetap dijalankan. Kalau dulu kita kumpul di masjid, sekarang kita datengin rumahnya satu-satu untuk memberikan hewan kurban," tandasnya.