Wali Kota Jakpus Panen Ikan Nila di Embung Pangeran Jayakarta

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama petugas SDA menjala ikan nila di Embung Pangeran Jayakarta. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Danny Sukma melakukan panen perdana ikan nila hasil budidaya di Embung Pangeran Jayakarta, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (6/10).

Dengan perahu karet, Danny Sukma didampingi Asisten Perekonomi dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting melakukan panen ikan nila. 

Bak seperti nelayan, Dhany Sukma menebar jaring jala di Embung Pangeran Jayakarta untuk menangkap ikan.

Dhany mengatakan, ini merupakan panen perdana ikan nila yang ditebarkan pada tanggal 5 Juni 2021 lalu. Dalam kurun waktu empat bulan sudah bisa dipanen.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa panen ikan nila. Kita bisa memanfaatkan aset-aset untuk membentuk ketahanan pangan, baik itu dari sisi pangan berupa ikan maupun sayur-sayuran," kata Danny didampingi Kasudin Penty Yunesti Pudyastuti.

Lebih lanjut Danny menerangkan, penangkapan nila dalam rangka untuk pemberian makanan tambahan khususnya bagi penanggulangan stunting dalam pemenuhan gizi.

"Budidaya ikan nila untuk kebutuhan peningkatan gizi keluarga terutama kelompok-kelompok masyarakat yang masuk dalam program Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),“ ungkapnya.

Untuk diketahui, hasil panen perdana kali ini sebanyak 35 kg ikan nila dibagikan kepada warga. Dalam panen tersebut tidak hanya ikan nila saja yang dipanen tapi ada juga jenis ikan mujair dan bawal.