Wali Kota Resmikan Warung SAHARA di Petamburan

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memotong pita tanda peresmian Warung Ibu Desy. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma didampingi Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) Sharmila Yahya meresmikan Warung Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) di Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (15/12).

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Dhany Sukma mengatakan, Warung SAHARA adalah salah satu bentuk partispasi dari masyarakat dalam hal ini Inkowapi dan SAHARA untuk membina langsung kegiatan usaha yang dilakukan warga berupa usaha warung.

"Hari ini kita meresmikan satu lagi warung yang dibina langsung oleh Inkowapi dan juga SAHARA. Berbagai pendekatan yang dilakukan seperti intervensi modal usaha, pelatihan, dan juga platform digital dalam melakukan transaksi ekonominya,” katanya.

Baca Juga: 

Wali Kota Resmikan Warung Ibu Ani di Harapan Mulya

Dhany juga menambahkan bahwa adanya Warung SAHARA ini adalah salah satu bentuk pemulihan ekonomi pasca-pandemi yang menimpa sebagian masyarakat terutama masyarakat kecil yang sangat merasakan dampaknya.

“Kita berada dalam masa pemulihan ekonomi, dampak adanya Pandemi Covid. Makanya kita lakukan intervensi secara terpadu berupa kemudahan-kemudahan untuk warung. Harapannya (warung-warung) tersebut akan terus berkembang dan akan berdampak pada masyarakat sekitar,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sharmila Yahya selaku Ketua Umum Inkowapi menyatakan bahwa program Warung SAHARA bertujuan untuk meningkatkan kelas pendapatan warung-warung kecil yang terkena dampak Pandemi.

"Dengan program ini diharapkan pelaku usaha warung kecil bisa meningkatkan kelas pendapatan yang pada saat pandemi sangat terasa dampaknya dirasakan mereka,” jelasnya.

Baca Juga: 

Usai Warung Bu Ani, Pemkot Jakpus Akan Tambah Warung Kolaborasi Inkowapi 

Sementara itu, Desy warga Petamburan, yang warungnya terpilih menjadi salah satu Warung SAHARA di wilayah Jakarta Pusat sangat senang dengan adanya program ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkot Jakarta Pusat, Inkowapi, dan SAHARA. Mudah-mudahan dengan adanya program Warung SAHARA ini akan meningkatkan ekonomi keluarga saya," ungkapnya.

"Saya juga sangat senang dengan adanya aplikasi yang ada di program ini, tentunya akan sangat memudahkan saya dalam bertransaksi untuk kelancaran warung saya,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Suniyem salah satu konsumen menyatakan rasa senang dengan adanya Warung SAHARA di lingkungannya. Karena selain dari segi harga yang lebih murah juga menyediakan kebutuhan rumah tangga yang dibutuhkannya.

"Saya sangat senang belanja di warung ini karena dari segi harga memang di bawah pasar, tadi saya beli beras, minyak, dan gula,” tandasnya.