183 RW di Jakpus Sudah Pilah Sampah

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Andreas Pamakayo

Sebanyak 183 RW di Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) sudah memilah sampah melalui pengangkutan terjadwal.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, dari 198 RW di Jakpus yang ditargetkan melakukan pemilahan untuk mengurangi sampah dari sumbernya, saat ini sudah terealisasi 183 RW di delapan kecamatan.

Menurutnya, dari 183 RW tersebut tercatat, 7.842 rumah yang telah melakukan pemilihan dari 101.037 rumah. “Artinya sudah tercapai 92,42 persen RW yang sudah melakukan pemilahan sampah. Ini terus kita genjot melalui sosialisasi mulai dari imbauan, pemasangan spanduk, dan penguatan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel),” ungkapnya, saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (15/2).

Bakwan Ferizan Ginting menerangkan, sejauh ini pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap pemilahan sampah dari rumah. Bahkan, lanjutnya, pengolahan sampah dari rumah dengan pemilahan ini sudah mengurangi 7,6 ton sampah perhari dari target 6 ton.

“Berarti kita lebih dari target pencapaian sekarang ini 127,7 persen. Kita terus genjot melalui pengolahan maggot, dari pengolahan maggot tereduksi 1.000 kg perhari,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarkat untuk terus melakukan pemilahan sampah sesuai dengan jadwal pengangkutannya, agar tidak lagi banyak sampah yang terbuang ke TPA Bantargebang.