Asekbang Jakpus Monitor Kesiapan Pompa Air

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Bakwan Ferizan Ginting. Foto: pusat.jakarta.go.id

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Bakwan Ferizan Ginting menegaskan, akan melakukan monitoring kesiapan pompa-pompa di wilayah Jakpus.

Hal ini diungkapkan pihaknya, usai menggelar rapat evaluasi, Ruang Rapat Sekko I, Lantai 2, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (19/10).

Baca Juga: 

Wali Kota Tinjau Lima Titik Terdampak Musim Penghujan di Wilayah Karet Tengsin

Dia menerangkan, monitoring ini merupakan rangkaian aksi tindak lanjut dari arahan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat terkait pengendalian genangan.

Menurutnya, pengecekan kesiapan pompa akan dilakukan mulai hari ini. Dimulai dari titik-titik yang rawan genangan di wilayah Jakpus. "Hari ini kita akan keliling ke Margono, Karet Tengsin, terus nanti kita lihat kemana rutenya, termasuk pompa underpass," ungkapnya.

Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, untuk kesiapan pengendalian genangan, saat ini seluruh pompa di Jakpus berdasarkan data dari Sudin Sumber Daya Air ada 63 pompa mobile, 150 pompa di pintu air, dan 24 set pompa. Selain itu, ada 23 rumah pompa, dan 95 unit pompa stasioner.

"Kita akan pastikan dan pantau juga termasuk petugas-petugas operator dan bahan bakarnya kita pastikan semua baik," tandasnya.

Selain memonitor kesiapan pompa untuk pengendalian banjir, pihaknya juga akan melakukan penanaman pohon minggu ini.