Buka Flora dan Fauna, Anies Baswedan: Kota Jakarta Ramah Bagi Mahluk Hidup

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pameran Flora dan Fauna (Flona) di Lapangan Banteng. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar pameran Flora dan Fauna (Flona) mulai 26 Agustus-26 September 2022, di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (26/8).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara langsung membuka pameran Flona Jakarta 2022.

Dalam sambutanya Anies mengatakan, pameran ini merupakan ikhtiar untuk membuat Kota Jakarta menjadi kota yang ramah bagi makhluk hidup. "Pameran Flona ini bisa menjadi ajang interaksi antara kita manusia dengan flora dan fauna," katanya.

Anies menuturkan bahwa di masa pandemi kemarin ada hikmah dibaliknya, di mana masyarakat yang hanya bisa beraktivitas di rumah menemukan hobi atau kegiatan baru yaitu memelihara flora dan fauna.

"Tanaman baru ditanam, peliharaan baru ditambah, kegiatan merawat berbagai macam jenis tanaman. Kegiatan hobi terkait fauna, flora tumbuh pesat selama pandemi. Dan itu dirasakan dengan banyaknya peserta bila ada kegiatan terkait dengan flora dan fauna. Hari ini kita menyaksikan perkembangan tadi dikolaborasikan bersama dengan Pemprov DKI Jakarta menjadi sebuah pameran," tuturnya.

Anies menambahkan bahwa 120 stan flora-fauna, dan komunitas merupakan kebaruan yang menggambarkan perkembangan hobi yang luar biasa pesat selama masa libur dari pameran 2 tahun belakang.

"Terkahir kita selenggarakan tahun 2019 Alhamdulillah tahun ini bisa kita lakukan kembali," tambahnya.

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Usung Tema Go Green di Pameran Flona Fauna

Anies pun mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Jakarta dan sekitarnya selama satu bulan ini dan dimulai dari akhir pekan esok datanglah ke Lapangan Banteng.

"Yang hobi tanaman mari kita datang kesini, kita temui sesama penghobi saling belajar, saling tukar pengalaman. Bagi yang ingin mulai belajar, baru hobi di bidang tanaman, bidang flora, fauna silahkan datang untuk memulai belajar. Ada ruang pembelajaran yang luar biasa untuk mengembangkan minat di bidang ini," ajaknya.

"Kami sendiri di Jakarta melakukan pembangunan taman-taman yang harapannya jadi ruang interaksi yang dekat dengan alam, dekat dengan flora dan fauna. Diharapkan nantinya menjadi pengalaman unik bagi warga Jakarta," tutupnya.