Jalan Kali Baru Barat Jadi Kawasan Unggulan Kelurahan Kebon Kosong

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan kawasan unggulan di Jalan Kali Baru Barat. Foto: Maulana

Jalan Kali Baru Barat menjadi kawasan unggulan yang diusulkan Kelurahan Kebon Kosong dalam penataan wilayah di Jakarta Pusat.

Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Kebon Kosong Masni Nurrahmadini mengatakan, pemilihan jalan tersebut karena wilayah tersebut merupakan milik Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta.

"10 RW di Kelurahan Kebon Kosong masuk dalam wilayah PPK Kemayoran sehingga kita tidak bebas menata tetapi di Jalan ini murni milik Pemda DKI, kita bisa menatanya," katanya yang akrab disapa Dini. 

Baca Juga:

Penataan Kali Baru Barat Ditargetkan Rampung Desember

Dini menuturkan penataan wilayah di kawasan tersebut dimulai sejak akhir Oktober 2022 dan telah mencapai 65 persen.

"Kerja teman-teman PPSU cukup berat karena kondisi jalan yang ditata sangat berantakan. Alhamdulillah sekarang sudah dirapihkan, tinggal ditanami tanaman dan di mural, diperkirakan pertengahan Desember sudah selesai," katanya.

Nantinya, lanjut Dini, kawasan tersebut akan diubah menjadi taman mini yang banyak pepohonan dan jalan setapak yang nyaman serta menarik masyarakat untuk refreshing.

"Selain pedestriannya yang ditata, kita akan berkolaborasi dengan sudin terkait untuk menata parkiran dan pedagangnya sehingga tertata rapi, ada beberapa titik khusus pedagang kaki lima, mungkin semi loksem, kami berharap nantinya taman ini akan terus dijaga," tandasnya.