Juni-September Festival Olahraga Rakyat Kembali Digelar

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Rapat persiapan pelaksanaan Festival Olahraga Rakyat di Tingkat Kelurahan. Foto: Andreas Pamakayo

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan kegiatan Festival Olahraga Rakyat.

"Jika dahulu sebelum pandemi ada empat cabang, sekarang hanya satu cabang pada Festival Olahraga Rakyat yaitu, Senam Jali-jali yang merupakan olahraga rekreasi," katanya usai persiapan pelaksanaan Festival Olahraga Rakyat di Tingkat Kelurahan dan Pengiriman ke Tingkat Provinsi DKI Jakarta, berlangsung di di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (20/4).

Fahmi menjelaskan, pelaksanan Festival Olahraga Rakyat akan berlangsung pada bulan Juni sampai dengan September 2022 disesuaikan dengan 44 Kelurahan se-Jakarta Pusat. 

"Pesertanya dari setiap RW yang ada di 44 kelurahan. Jika di kelurahan tersebut ada tujuh RW maka tujuh RW dipertandingkan," ungkapnya. 

"Pertandingan ini tidak berjenjang yang juara tidak ikut tingkat kecamatan, selesai hanya di tingkat kelurahan. Di luar itu akan ada lagi kegiatan yang melibatkan setiap kecamatan 100 peserta. Namun, informasinya masih kita tunggu dari Dinas Olahraga DKI Jakarta," imbuhnya. 

Sementara itu, Kasudin Pora Kota Administrasi Jakarta Pusat Makmur menambahkan, salah satu tujuan kegiatan ini ialah membudayakan olahraga sebagai gaya hidup, meningkatkan kualitas interaksi sosial, dan memperkuat tali silaturahmi antar warga. 

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri para kepala seksi kesejahteraan rakyat di 44 kelurahan, jajaran Sudin Pemuda dan Olahraga (Sudin Pora) Kota Administrasi Jakarta Pusat, dan perwakilan dari KONI.