Pemkot Jakpus Akan Bangkitkan Kembali Festival Jalan Jaksa

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko pimpin rapat Festival Bang Jaim dan Festival Kuliner Nusantara. Foto: Harisa Ninda Staf Intern

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mempunyai rencana akan membangkitkan kembali kegiatan Festival Jalan Jaksa yang sudah dua tahun vakum karena pendemi Covid-19.

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, ada rencana kegiatan dari Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk membangkitkan kembali Festival Jalan Jaksa yang kini disebut Pesta Kebon Bang Jaim (Pesona Wisata Kebon Sirih Sabang Jaksa Wahid Hasyim) dan Festival Kuliner Nusantara.

"Rencananya pelaksanaan Festival Pesta Kebon Bang Jaim berlangsung selama tiga hari yakni tanggal, 12-13 Agustus 2022 Festival Bang Jaim dilanjutkan tanggal 14 Agustus 2022 festival kuliner nusantara," kata Iqbal didampingi Kabag Perekonomian  M Yasin usai memimpin rapat Festival Bang Jaim dan Festival Kuliner Nusantara, di Ruang Rapat Wali Kota, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (2/8).

Iqbal menuturkan, dalam kegiatan ini tidak hanya menampilkan atraksi-atraksi kesenian maupun budaya tapi juga kuliner dan komunitas-komunitas lain yang ada di Kebon Bang Jaim bisa ambil bagian, bahkan juga lomba Barista. 

"Saya imbau kepada warga masyarakat agar lebih mencintai budayanya, lingkungannya, serta mencintai produk-produk dalam negeri yang nantinya akan ditampilkan pada festival ini," tambahnya.

Sementara itu, Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Shinta menjelaskan, Festival Bang Jaim awalnya dulu dari Festival Jalan Jaksa yang merupakan event regular atau unggulan Jakarta Pusat. 

"Pada tahun 2000-an mulai redup, makanya kita dari Sudin Parekraf berusaha untuk mencoba menggali lagi, membangkitkan kembali giat ekonomi, giat pariwisata di wilayah tersebut, namun dengan kemasan Kebon Bang Jaim, ucapnya.

"Jadi bisa melibatkan wilayah-wilayah di sekitar Kebon Sirih, Jalan Sabang, Jalan Jaksa dan Jalan Wahid Hasyim, disitu banyak kegiatan usaha wisata, kuliner dan hotel," imbuhnya.