Penataan Pasar Baru Disambut Gembira Pedagang

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: dok Andreas Pamakayo

Guna mengembalikan Pasar Baru menjadi salah satu pusat perbelanjaan dan pariwisata, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat akan melakukan penataan besar-besaran. Dan kabar penataan tersebut disambut gembira oleh para pedagang.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Baru Haresh mengaku senang dan menyambut baik serta berterima kasih kepada Pemkot Administrasi Jakarta Pusat yang ingin melakukan penataan di kawasan Pasar Baru.

Menurutnya, para pedagang sangat mengharapkan sekali penataan ini agar Pasar Baru bisa kembali ramai. "Kami berterima kasih sekali karena kami mengharapkan ada perubahan besar di Pasar Baru agar bisa jaya kembali," ucapnya saat dikonfirmasi berapa waktu lalu.

Dalam penataan Pasar Baru ini, lanjut Haresh, para pedagang meminta untuk ditambahkan penerangan dan pembangunan trotoar pejalan kaki di sisi kiri dan kanan, sementara di tengah untuk parkir mobil.

"Jadi bisa ramai lagi seperti zaman dulu, sehingga pengunjung datang bisa parkir, karena selama ini di Pasar Baru gedung parkirnya susah sekali. Kalau sudah ada parkirnya pengunjung nyaman berbelanja," tuturnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, saat ini kondisi Pasar Baru kurang berkembang, sehingga akan dilakukan penataan di tahun 2022 ini.

"Pasar Baru sebagai kawasan budaya, kita lihat kondisinya kurang begitu bagus apalagi usianya sudah hampir 220 tahun. Ini momentum bagi kita untuk mengangkat kembali Pasar Baru dengan melakukan penataan," ucapnya.

Bakwan Ferizan Ginting memaparkan, penataan dimulai dengan pembangunan pedestrian dari Jalan Juanda hingga ke Pasar Baru, dan kawasan Pecenongan.

"Di kawasan Pasar Baru-nya juga akan dibangun pedestrian yang bagus untuk orang belanja dengan nyaman. Lampu-lampu dan taman akan kita buatkan tahun ini," tutupnya.