Peringati Hari Buku Nasional, Sudin Pusip Gelar Wisata Literasi di Dua Sekolah

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin Pusip Jakpus gelar wisata literasi di sekolah. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional, Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar wisata literasi di dua sekolah secara offline maupun online.

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan, wisata literasi di dua sekolah yakni, di Sekolah Kaffah Islamic School secara offline dan Sekolah MIQ Istiqlal secara online yang dilaksanakan pagi dan siang hari.

"Kegiatan ini dimeriahkan oleh sederetan narasumber yang kompeten di bidangnya seperti, pendongeng dari Ventrilloquist Ani Ummu Hani, Pengejar dan Penulis Buku Anak Yeni Budi Rahman, dan illustrator buku anak Ika Tantri Apsitasari," jelas Irwan, Selasa (17/5).

Lebih lanjut, Irwan menuturkan, kegiatan wisata literasi ke sekolah dilakukan menyesuaikan dengan situasi pandemi dan pembelajaran tatap muka yang sudah dilaksanakan secara penuh.

Dalam kegiatan ini, Irwan menambahkan, para siswa akan dikenalkan tentang perpustakaan Jakarta Pusat dan perpustakaan keliling. Selain itu, juga pada kegiatan ini melibatkan pendongeng yang akan menambah seru suasana kegiatan wisata literasi.

"Diharapkan, kegiatan wisata literasi ini dapat menambah warna bagi perayaan Hari Buku Nasional dengan menyuguhkan kegiatan positif terutama bagi para peserta didik. Semoga dunia pembukuan semakin maju dengan menyediakan bahan bacaan yang menarik, relevan bagi masyarakat, dan upaya meningkatkan literasi bagi masyarakat dapat tercapai dengan kerja sama segenap pihak," jelasnya.