Pesan Produk Jakpreneur di Flona Kini dengan Kode QR

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) melakukan inovasi dalam pameran Flora dan Fauna (Flona) 2022. Di mana bazar Jakpreneur di Flona menggunakan sistem Kode QR.

Kasudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Melinda Sagala menerangkan, pada pelaksanaan Flona 2022 pihaknya mengirim empat peserta Jakpreneur. Keempat anggota Jakpreneur ini merupakan Jakpreneur Kecamatan Menteng, Kecamatan Gambir, Kecamatan Johar Baru, dan Kecamatan Kemayoran. "Produk yang dijual merupakan produk makanan," ungkapnya.

Melinda mengatakan, untuk mekanisme penjualan dalam Flona ini pihaknya menggunakan sistem Kode QR. Di mana nantinya akan ada Kode QR yang dipasang di lokasi Flona Jakpus, dan sampel makanan yang dapat dipesan. Pembeli tinggal melakukan pemesanan melalui aplikasi, sementara pembayarannya melalui Qris.

"Jadi di sana tidak ada penjualnya, kita juga tidak disediakan tempat. Hanya sampel produknya saja, sampel produk ini akan diganti setiap dua hari sekali," terangnya.

Melinda menambahkan pemesanan produk Jakpreneur dengan sistem Kode QR ini akan dilakukan selama satu bulan ke depan.