Pokdarwis Wujud Kolaborasi Membangun Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengukuhkan Pokdarwis. Foto: Shabrina Saraswati

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menilai keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun sektor pariwisata.

Hal ini diungkapkannya saat mengukuhkan Pokdarwis di Museum Prasasti, Jalan Tanah Abang I, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/9).

Dhany menjelaskan, saat ini masyarakat dapat menjadi co-creator, sementara pemerintah merupakan kolaborator dalam rangka membangun kota Jakarta melalui pariwisata. Di mana untuk memajukan kota ini perlu ada kesetaraan antara pemerintah dan masyarakat, sehingga memperkuat tatanan pariwisata di wilayah Jakarta Pusat.

“Keberadaan Pokdarwis ini sangat penting, dengan dikukuhkannya Pokdarwis ini merupakan salah satu penyematan tanggung jawab bahwa kita punya keterlibatan yang kuat untuk membangun pariwisata dan ekonomi kreatif, yang ada di Jakarta Pusat,” ungkapnya.

Baca Juga: 

Sudin Parekraf Jakpus Bentuk Pokdarwis

Asekbang Minta Pokdarwis Kembangkan Destinasi Wisata Baru

Selain itu, Dhany juga mengatakan, dengan adanya perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta akan berdampak pada potensi daerah. Sehingga diperlukan penguatan dalam ekonomi dan bisnis melalui sektor pariwisata ekonomi kreatif. Di mana nantinya Pokdarwis ini yang akan memperkenalkan potensi Jakpus secara nasional maupun internasional, untuk menciptakan kekuatan daya tarik kota.

“Jadi Jakarta harus menjadi kota yang bisa meninggalkan kenangan indah agar orang ingin datang lagi datang lagi ke Jakpus. Ada situasi yang membuat kangen, bisa keindahannya, atau keramahannya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kadis Pariwisata DKI Jakarta Andika Permata mengatakan, setelah melalui masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata tengah bangkit secara bertahap untuk tumbuh dan memberikan kontribusi bagi penggerak ekonomi rakyat. Sehingga dengan adanya Pokdarwis ini harapannya dapat menumbuhkan pariwisata di DKI Jakarta khususnya Jakarta Pusat.