Sudin KPKP Gelar Safari Kampanye Gemarikan di SDN Cikin 02

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Safari Kampanye Gerakan Gemarikan di SDN 02 Cikin, Kecamatan Menteng, Kamis (21/7). Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar Safari Kampanye Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) yang diikuti 375 pelajar dari lima sekolah dasar di wilayah Kecamatan Menteng, di SDN 02 Cikin, Kecamatan Menteng, Kamis (21/7).

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menyampaikan kampanye ini untuk mempromosikan sekaligus membudayakan makan ikan pada anak-anak.

"Ini salah satu modal bagi generasi DKI Jakarta untuk mengisi Kota Jakarta dengan anak-anak yang sehat bergizi dan cerdas," ucapnya.

Baca Juga:

375 Anak Sekolah Dasar Ikut Safari Kampanye Gemarikan

Dalam kesempatan ini, Ucu berpesan kepada orang tua untuk mulai membiasakan memasak olahan ikan dengan berbagai kreasi, agar anak-anak tidak mudah bosan mengkonsumsi ikan.

"Kalau ikan hanya digoreng saja kurang begitu menarik tapi kalau dibuat kreasi anak-anak pasti suka. Dijadikan cemilan atau olahan lain seperti, nugget ikan, steak ikan, bakwan ikan, dan sebagainya," tuturnya.

Baca Juga:

Gelar Gemarikan, Sudin KPKP Targetkan 3.000 Peserta

Sementara itu, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, kampanye Gemarikan yang kedua ini diikuti 375 pelajar yang berasal dari SDN Cikini 02, Menteng 02, Kebon Sirih 04, Pegangsaan 01, dan SDN Gondangdia 01. Setiap sekolah diwakili 75 murid.

"Kampanye kedua ini juga kita lakukan dengan mendongeng agar pesan yang disampaikan dapat terserap anak-anak. Karena kita ingin memperkenalkan kepada anak-anak bahwa makan ikan sangat baik bagi kesehatan, dan kecerdasan, karena mengandung omega 3," tuturnya.

Penty menuturkan Safari Kampanye Gemarikan ini berkolaborasi dengan Sudin Pendidikan Wilayah 1 dan 2 serta Cidea.

"Diharapkan, kampanye ini dapat menumbuhkan kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal," tandasnya.