Sudin KPKP Monitor 2.202 Hewan Kurban

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Malik Maulana

Dua pekan jelang perayaan Idul Adha 1443 H pertanggal 30 Juni 2022, sebanyak 2.202 ekor hewan kurban sudah masuk ke wilayah Jakarta Pusat terdiri dari 241 ekor sapi, 1.728 ekor kambing, dan 233 ekor domba.

Hal ini diungkapkan Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi, Jumat (1/7).

"Hewan kurban yang masuk ke wilayah Jakarta Pusat tersebut berasal dari daerah Wonosobo, Bumiayu, Tegal, Bima dan Lampung, yang bukan dari daerah asal yang memang wabah Penyakit Mulut Kaki (PMK) Jawa Timur,” kata Penty didampingi Kasie Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati.

Sementara, lanjutnya, tempat penampungan hewan kurban di wilayah Jakarta Pusat ada 55 titik lokasi yang tersebar di delapan kecamatan. "Yang kita monitor itu sesuai hewan yang masuk yaitu sekitar 2.202 ekor hewan kurban," ungkapnya.

Terkait PMK, Penty menjelaskan, tentunya Sudin KPKP akan terus melakukan pemantauan dan pengecekan terhadap tiap kedatangan hewan dari daerah. 

"Hewan kurban yang datang ke Jakarta kita pastikan aman karena bukan dari Jawa Timur, setelah datangpun penjual hewan kurban lapor ke kami lalu langsung dicek kondisinya," jelasnya. 

"Penjual juga menunjukan surat dari daerah asalnya yaitu Surat Kesehatan Hewan (SKH) bermaterai dari provinsi asal daerah hewan itu, kemudian kami cek dan ditukar dengan SKH dari kami. Kita juga koordinasi dengan pihak kelurahan," tambahnya.