Sudin KPKP Periksa 240 Kambing dan 70 Sapi di Pusat Penjualan Hewan Kurban Kemayoran

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan hewan kurban di Pusat Penjualan Hewan Kurban Kemayoran. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan monitoring di Pusat Penjualan Hewan Kurban Kemayoran, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Selasa (28/6).

Kepala Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi mengatakan, monitoring atau supervisi peninjauan kelapangan langsung tersebut dilakukan dalam rangka menjelang Idul Adha dan terkait kesehatan hewan serta isu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Hasil pemeriksaan 240 ekor kambing dan 70 ekor sapi di sini sehat semua.  Alhamdulillah, mudah-mudahan sampai hari H sehat semua," katanya.

Penty menuturkan monitoring ini dilakukan rutin setiap tahun, bukan hanya tempat penampungannya tetapi tempat pemotongannya juga dilakukan pemeriksaan.

"Kita cek izin surat-suratnya, surat izin masuknya, terkait isu PMK kita cek apakah hewan tersebut berasal dari daerah asal wabah PMK, kita lihat suratnya, kita cek juga kesehatan hewannya di sini," tuturnya.

Penty berharap dengan monitoring ini lalu lintas hewan ternak yang masuk ke Jakarta Pusat terkontrol. "Dengan begini hewannya sehat dan pedagang lebih selektif membeli hewan, jalurnya bukan dari daerah yang terpapar wabah PMK sehingga menghindarkan pedagang dari kerugian ekonomi," harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Peternakan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati mengimbau bagi para pedagang, agar dapat mengurus perizinan tempat usahanya melalui JakEvo dan surat pernyataan dari pejabat otoritas veteriner asal hewan ternak yang nantinya ditukar dengan surat keterangan hewan dari Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

Dalam monitoring ini juga dihadiri Kepala Bagian Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat M Yassin Pasaribu, dan Lurah Gunung Sahari Selatan Dewi Rozana Zulkifli.