Tahun 2022, Sudin KPKP Rencanakan Penjualan Panen Hidroponik

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: dok pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) berencana melakukan penjualan hasil panen hidroponik secara berkala pada tahun 2022.

Hal ini diungkapkan Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi ditemui di ruanganya, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (10/1).

Baca Juga: 

Tahun 2022, Sudin KPKP Fokus Kembangkan Tanaman Hidroponik di Atap Gedung

Menurutnya, selama ini hasil panen hidroponik yang dijual melalui bazar selalu menarik minat pembeli. Sebab, kualitas sayuran yang aman serta harga yang terjangkau.

Untuk itu, lanjut Penty, Sudin KPKP rencananya ingin membuat program penjualan hasil hidroponik secara berkala di wilayah Jakarta Pusat.

“Rencananya bazaar akan digelar saat kegiatan Jumat Menanam. Kita siapkan satu lokasi khusus untuk menjual hasil panen sayuran hidroponiknya,” kata Penty.

Penty mengaku bahwa hasil panen hidroponik dari lokasi urban farming binaan KPKP yang dijual nantinya akan dilakukan kontrol dan kurasi. Sehingga nantinya produk yang dijual aman dan berkualitas.

“Biasanya kita akan cek, sayuran hidroponik yang baik itu akarnya harus bersih tidak kotor. Rasanya harus enak dan tidak pahit. Kita akan lihat dari kepekatan cairan yang diberikan pada sayuran,” jelasnya.

Penty menambahkan, rencananya penjualan hasil panen hidroponik ini akan dilakukan dua kali dalam sebulan. Penjulan hasil hidroponik ini juga dilakukan untuk mendukung kegiatan urban farming dari kelompok tani binaan dan para penggiat di wilayah Jakpus. Termasuk menampilkan produk pertanian dengan lahan terbatas.

“Kita akan adakan di kantor wali kota, namun jika Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) dari kecamatan ingin mengadakan penjualan sendiri dipersilahkan,” tandasnya.