Tahun Ini Kegiatan Kepemudaan Kembali Digelar

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kepala Seksi Kepemudaan SudinPora Kota Administrasi Jakarta Pusat Sri Sukandaria. Foto: Nelly Marlianti

Kegiatan kepemudaan Suku Dinas Pemuda dan Olahraga (SudinPora) akan kembali digelar, setelah sempat vakum beberapa waktu lalu.

Kepala Seksi Kepemudaan SudinPora Kota Administrasi Jakarta Pusat Sri Sukandaria menerangkan, tahun ini pihaknya akan kembali mengadakan beberapa kegiatan setelah sempat tehenti di tahun 2020-2021.

Menurutnya, jika di tahun lalu hanya ada kegiatan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) saat ini pihaknya akan menyelengarakan tujuh kegiatan.

“Tahun ini kita ada seleksi Paskibraka dan latihan gabungan, Pemuda Pelopor, Rembuk Pemuda Jakpus, JPW, Pengukuhan Paskibraka, peringatan upacara hari besar nasional, serta pembinaan aktivitas pemuda,” terangnya saat ditemui di ruangannya, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (17/2).

Sri menjelaskan, untuk kegiatan yang akan pertama kali dilakukan yakni, seleksi Paskibraka pada Maret mendatang di tanggal 5, 6, 19, dan 20 Maret 2022. Nantinya pihaknya akan melakukan seleksi dari sekolah-sekolah yang ada di wilayah Jakpus per-kecamatan.

“Diperkirakan 21-23 Mei 2022 selesai seleksi untuk perisiapan upacara bendera,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini yaitu, Pemuda Pelopor, nantinya akan dipilih pemuda yang memiliki karya maupun inovasi dalam berbagai bidang. Serta pembinaan aktivitas pemuda, berupa dukungan dana kegiatan yang akan diberikan SudinPora pada para pemuda di wilayah.

“Jadi nanti kami akan turun kelapangan berkoordinasi dengan kecamatan maupun Satpel di wilayah melihat kegiatan kepemudaan di sana dan melakukan pembinaan,” terangnya.

Sri mengharapkan dengan kembalinya aktivitas kepemudaan di Jakpus tahun ini, para pemuda di Jakpus dapat memanfaatkan momentum ini untuk berkarya, bersaing dengan pemuda lainnya menjadi Pelopor Pemuda di jantung Jakarta.

“Jakarta Pusat ini merupakan Ibu Kota, jantungnya Jakarta saya berharap para  pemudanya dapat menjadi pelopor pemuda lainnya untuk berkarya dan berinovasi,” tandasnya.