Wakil Wali Kota Resmikan Warung SAHARA di Utan Panjang

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Peresmian warung Ibu Suwatni di Kelurahan Utan Panjang. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meresmikan warung Sembako Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) yang berada di RT 7 RW 8 Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Kamis(7/4).

Irwandi menjelaskan, warung tersebut merupakan binaan SAHARA yang telah direnovasi sehingga terlihat lebih bagus dan menarik. "Ini warung besutan kita, warung masyarakat yang ada di Jakarta Pusat kita bedah dan make over serta diberikan bantuan permodalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, supaya punya tempat usaha. Targetnya ada 5.000 warung, saat ini sudah ada 4.500 warung," jelasnya.

Irwandi mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat mendukung penuh kehadiran warung SAHARA tersebut.

"Mudah-mudahan dengan bantuan dari Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dan PKK warung-warung yang ada tetap berkembang, dan 5.000 targetnya, Insya Allah bulan depan tercapai," ungkapnya.

Sementara itu, Founder SAHARA yang juga merupakan Ketua Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI) Sharmila mengatakan, tujuan membangun warung-warung SAHARA ialah untuk membantu masyarakat mendistribusikan sembako murah.

Terlebih di masa pendemi, kata Sharmila, permasalahan mengenai ketersediaan dan meroketnya harga pangan membuat pihaknya bersama Pemkot Administrasi Jakarta Pusat ingin mengatasinya.

"Kita memotong jaringan distribusi, dari pabrik langsung ke konsumen, kita potong di tengah, sehingga harga yang diberikan SAHARA di bawah harga pasaran tidak membuat rugi, jadi tidak ada yang rugi ataupun disubsidi," ucapnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah berterima kasih kepada SAHARA karena warung ini yang dibutuhkan para ibu-ibu.

"Ibu-ibu akan senang sekali karena ada pangan yang mudah dan murah. Program SAHARA benar-benar ke pelosok, saya setuju tagline yang Pak Irwandi berikan yaitu 'Belanja di Tetangga'. Mudah-mudahan lebih sejahtera masyarakat di sini," tutupnya.