Wali Kota Akan Hidupkan Kembali  Semarak HBKB di Jalan Suryopranoto

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma dengan mengayuh sepeda meninjau pelaksanaan HBKB di Jalan Suryopranoto. Foto: Vhatra

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Suryopranoto sampai Jalan Balikpapan, wilayah Kecamatan Gambir, Minggu (22/5).

Untuk memastikan kegiatan ini berlangsung lancar dan kondusif, petugas disiapkan dari mulai Suku Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan setiap unit kerja perangkat daerah di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan HBKB, dimungkinkan untuk menggelar acara yang bertema lingkungan hidup, olahraga dan seni budaya.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, setelah hampir 2 tahun lebih hampir tidak menyelenggarakan HBKB di masa pandemi Covid-19. 

"Hari ini HBKB kembali digelar, dan antusias masyarakat cukup tinggi yang ingin melaksanakan aktivitas sosial dengan berolahraga, mengayuh sepeda, bermain futsal dan lainnya," kata Dhany saat meninjau pelaksanaan HBKB di Jalan Suryopranoto.

HBKB yang akan datang, lanjutnya, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat akan menyelenggarakan lebih meriah dengan olahraga bersama seperti, senam, bazar, live musik, agar menghidupkan HBKB di Jalan Suryopranoto.

"Kita akan melibatkan aktivitas usaha yang ada di Jalan Suryopranoto untuk bisa ambil bagian bagaimana menciptakan interaksi HBKB agar lebih hidup," jelasnya.

Secara keseluruhan ada 13 rute pengalihan arus lalu lintas dari arah barat (Tomang/Cideng) ke timur (Harmoni, Gajah Mada dan sekitarnya).