Wali Kota Jakpus Ikuti Aksi Penanaman Pohon di SDN 21 Karet Tengsin

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman pohon bersama, di sekitar SDN 21 Kelurahan Karet Tengsin. Foto: Dwi Arif

Menindaklanjuti sesuai arahan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk melakukan penanaman pohon di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Pagi ini, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan aksi kerja bakti dan menanam pohon bersama, di sekitar SDN 21 Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (30/10).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Martua Sitorus, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan serta seluruh jajaran terkait ikut melakukan aksi menanam pohon di wilayah SDN 21 Karet Tengsin.

Dhany Sukma mengatakan, sebanyak 100 pohon dan tanaman yang sudah ditanam dalam kegiatan ini, kedepannya seluruh wilayah Jakarta Pusat akan menjadi lebih hijau.

"Jadi Aktivitas menanam pohon itu harus dilakukan di tiap-tiap lokasi di wilayah Jakarta Pusat sesuai Arahan Pj Gubernur DKI Jakarta, kali ini lokasi yang kita tanam pohon berada di depan SDN 21 Karet Tengsin, Tanah Abang. Mudah-mudahan saja ke depan wilayah Jakarta Pusat akan menjadi semakin hijau," katanya.

Dhany juga mengatakan, nantinya area ini akan dibuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) berupa taman edukasi yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa-siswi di SDN 21, SMA 7, serta masyarakat sekitar.

"Nantinya di area depan SDN 21 dan SMA 7 ini akan dibuat RTH berupa taman interaktif sebagai sarana edukasi bagi para siswa-siswi yang ada di wilayah Karet Tengsin maupun warga Jakarta," ucap Dhany.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan bahwa di kawasan yang seluas 1.700 meter persegi ini sudah dilakukan penanaman pohon di antaranya, tanaman peneduh seperti Pohon Tabebuya, tanaman produktif, serta tanaman Toga.

"Pada lahan ini tadi sudah dilakukan penanaman pohon seperti tanaman peneduh Tabebuya dan juga tanaman-tanaman produktif, dan tanaman Toga, dan kedepannya kawasan ini akan dibuat sebuah taman edukasi yang bisa dimanfaatkan oleh siswa SDN 21 maupun SMA 7 yang berada di dalam kawasan ini. Selain itu juga taman ini nantinya bisa dibuat untuk relaksasi bagi warga sekitar," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga diikuti oleh jajaran UKPD terkait seperti Sudin Pertamanan, Sudin KPKP, Sudin SDA, Sudin Bina Marga, PPSU, dan LH Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama jajaran Kecamatan Tanah Abang, dan Kelurahan Karet Tengsin.